Hijab.id

Belajar Online & Kuliah Online Menjadi Pilihan Tepat di Masa Pandemi

2 Jun 2021  |  695x | Ditulis oleh : Admin
Kuliah Online

Belajar online saat ini menjadi suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh para pelajar di Indonesia bahkan mungkin dunia. Sejak adanya pandemi belajar online menjadi sebuah pilihan agar para pelajar tetap bisa mendapatkan ilmu seperti saat belajar bertatap muka di sekolah masing-masing. Sejak adanya pandemi, sekolah dan universitas memang menggunakan cara belajar baru dengan tidak bertatap muka (online). Pemerintah pun saat ini seperti kebingungan menghadapi masalah pandemi ini, terutama untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Belajar online memang tidak akan semaksimal seperti belajar bertatap muka seperti sebelum adanya pandemi. Akan tetapi dengan belajar online setidaknya dunia pendidikan di Indonesia tidak terhenti hanya karena virus corona. Belajar online memang harus ditempuh oleh semua pelajar di Indonesia karena adanya pandemi virus corona.  Walaupun banyak kelemahan dan kendala saat belajar online namun para guru dan pelajar harus tetap semangat demi masa depan anak bangsa. Sebenarnya dari dulu memang belajar atau mencari ilmu bisa dari mana saja, karena tidak semua ilmu pengetahuan ada dan di ajarkan di sekolah.

Begitu juga kuliah online yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa di Indonesia akibat adanya pandemi virus corona. Tidak jauh beda dengan para pelajar sekolah, para mahasiswa pun harus menerima pelajaran dari para dosen dengan cara online learning. Tentu saja para siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia dituntut untuk terbiasa menghadapi ini semua, yaitu dengan cara belajar baru secara online. Cara belajar ini pun di anjurkan oleh pemerintah demi menjaga angka penularan covid-19 di Indonesia.

Tidak ada yang tahu kapan pastinya pandemi ini akan berakhir, maka kuliah online atau pun belajar online seharusnya bisa lebih dimaksimalkan lagi oleh pemerintah. Seperti yang kita tahu memang masih banyak sekali kekurangan dalam pelaksanaan kuliah online atau belajar online di Indonesia. Maklum saja para pelajar maupun pengajar di Indonesia memang seperti belum siap menghadapi cara kuliah atau belajar secara online. Karena mereka sebelumnya sudah terbiasa dengan cara belajar dan mengajar secara tatap muka di sekolah maupun universitasnya masing-masing.

Bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa baru tentunya harus tetap semangat belajar, untuk saat ini sudah banyak universitas negeri maupun swasta yang sudah menyediakan kuliah online atau online learning. Di era digital seperti sekarang memang semuanya mejadi sangat mudah, virus corona pun tidak menjadi penghalang bagi para mahasiswa untuk tetap kuliah. Proses belajar seperti online learning ini memang tidak akan maksimal seperti belajar dengan tatap muka. Tetapi kuliah online atau belajar online pun masih memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah;

1. Dapat diakses dengan mudah

Cukup menggunakan smartphone atau perangkat teknologi lain seperti laptop yang terhubung dengan internet, para pelajar sudah bisa mengakses materi yang ingin dipelajari. Dengan menerapkan online learning para pelajar dapat melakukan kegiatan pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

2. Biaya lebih terjangkau

Dengan bermodalkan paket data internet, para pelajar sudahbisa mengakses berbagai materi pembelajaran tanpa khawatir ketinggalan pelajaran apabila tidak hadir. Ya, walaupun di Indonesia masih banyak yang membebankan biaya sekolah seperti biasa. Memang seharusnya sudah bisa dihapuskan karena proses belajar kebanyakan dilakukan di rumah.

3. Waktu belajar fleksibel

Kuliah online atau belajar online memang memilki waktu belajar yang lebih sedikit dan bisa dilakukan kapan saja sesuai jadwal pembelajaran yang akan dilakukan oleh dosen atau guru masing-masing.

4.  Wawasan yang luas

Dengan kuliah atau belajar online para dosen dan guru pun tidak hanya bisa mengajarkan materi yang akan di sampaikan saja. Dengan akses internet tentunya parea pengajar bisa memberikan wawasan lebih diluar materi untuk mahasiswa atau pun siswanya.

Itulah beberapa kelebihan kuliah atau belajar online dibandingkan dengan belajar tatap muka, dengan kuliah atau belajar online pun kita sudah membantu pemerintah dalam menjaga angka penularan covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: