rajabacklink

Cara Atasi Culture Shock di Tempat Kerja Baru

12 Mei 2022  |  188x | Ditulis oleh : Admin2
Cara Atasi Culture Shock di Tempat Kerja Baru

Mempunyai tempat kerja alias kantor baru rasanya tentu mengasyikkan. Tetapi di lain sisi, beralih ke tempat baru pun dapat menyebabkan kita merasa canggung malah mengalami culture shock atau gegar budaya.

Berdasarkan keterangan dari situs Simon Phraser University, culture shock merupakan perasaan yang kerap dirasakan orang saat masuk lingkungan baru ataupun keadaan yang tak lazim. Culture shock bisa menyebabkan rasa bahagia sampai frustasi untuk siapa saja yang merasakannya.

Pada realitanya, culture shock tak cuma berlangsung ketika anda berjalan-jalan ke luar negeri, dalam cakupan yang lebih kecil seperti lingkungan kantor pun bisa jadi timbul. Umpamanya memperhatikan sistem kerja yang individualis, teman kerja yang bersaing atau style komunikasi yang terlampau canggung. Saat tidak berhasil menyesuaikan diri, culture shock dapat merusak dan mengurangi daya produksi dalam bekerja.

Lantas, bagaimana ya cara menangani culture shock di tempat kerja baru? Tak usah cemas, tiru saja panduan berikut ini!

1. Berlaku Ramah pada Semua Orang

Saat jadi anggota baru di suatu perusahaan, anda penting merawat jalinan yang bagus pula dengan orang-orang didalamnya. Hubungan sosial pun amat perlu buat menolong anda mengerti budaya di tempat kerja baru.

Untuk itu, pastikan anda menyiapkan perkenalan diri yang bagus. Coba untuk berlaku ramah keseluruh orang, akibatnya ketika bekerja sama bersama mereka anda dapat merasa lebih enak. Tetapi, pastikan pula anda masih tetap mempunyai batasan dalam berhubungan bersama teman kerja, ya.

2. Atur Stres secara Baik

Menemui banyak tanggung-jawab baru di tempat baru tentu menyajikan anda tekanan yang lumayan besar. Padahal di lain sisi anda pun penting menunjukkan kualitas pekerjaan anda. Guna menghadapi masalah ini, anda harus mengendalikan taraf stres secara baik.

Pastikan anda senantiasa tidur memadai, olahraga minimal 30 menit tiap-tiap hari dan mengonsumsi santapan sehat. Janganlah lupa pula untuk merawat dukungan sistem yang anda punya. Umpamanya teman, keluarga, maupun pasangan. Dukungan sistem yang cocok dapat jadi tempat anda buat berkeluh kesah dan meringankan sedikit beban yang anda punya.

3. Belajar Mengerti Budaya Kantor

Tiap-tiap kantor tentu mempunyai budaya yang berbeda. Sejak cara melakukan komunikasi, gaya bahasa, selera humor, pola bekerja dan lain-lain. Coba untuk pahami budaya yang berlangsung di tempat kerja anda yang baru. Khususnya, ketika anda dipindah ke satu kawasan yang jauh dari rumah asal anda.

4. Tidak boleh Membanding-bandingkan Diri

Telah bukan rahasia lagi jika dunia kerja merupakan dunia yang keras dan kadang tak gampang ditempuh. Anda bisa jadi berjumpa dengan bermacam sifat dan personalitas di luaran sana. Dikutip dari Bravely, salah sebuah masalah yang penting anda jalani di tempat kerja baru ialah menjauhi kompetisi antar teman kerja. Jangan dibiarkan pula diri anda memperbandingkan diri dengan teman kerja anda yang sudah lama ada di perusahaan itu.

5. Mencari Cara Melepas Stres

Saat sebelum mencapai puncak, coba mencari langkah buat melepas stres yang tepat buat anda. Dikutip dari Healthline, anda dapat mulai dari cara yang paling simpel seperti dengarkan lagu maupun latihan pernafasan. Anda pun dapat latihan mengaplikasikan sikap mindful guna mengontrol perasaan takut dan kemelut yang barangkali timbul.

6. Bersabar

Guna mencapai keberhasilan dalam tugas, umumnya diperlukan perjalanan panjang. Demikian juga bekerja di tempat baru. Anda barangkali tak sabar untuk merasa enak di kantor baru. Tetapi, hal itu tak dapat diperoleh dengan cara langsung. Butuh waktu dan proses buat beradaptasi, menunjukkan prestasi kerja, sampai merajut jalinan dengan beberapa orang didalamnya.

Demikianlah berbagai panduan buat anda yang hendak menangani culture shock pada tempat kerja baru. Di dunia kerja, peralihan merupakan perkara yang amat gampang timbul akibatnya perlu untuk anda memahami langkah menyesuaikan diri di lingkungan baru. Mudah-mudahan info ini berguna, ya!

Baca Juga: