Hijab.id

Lebih Jauh Mengenal 5 Jenis Sepeda Gunung dan Fungsinya

26 Mei 2021  |  342x | Ditulis oleh : Admin
Lebih Jauh Mengenal 5 Jenis Sepeda Gunung dan Fungsinya

Saat ini kegiatan bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak hingga orang dewasa sangat senang bersepeda. Karena selain dapat menikmati pemandangan bersepeda juga membantu menggerakkan seluruh tubuh sehingga menjadi lebih sehat. Termasuk bagi anda yang sangat senang untuk bermain sepeda di area pegunungan, yang tentu saja harus disesuaikan dengan penggunaan sepeda dengan jenis yang sama. Berikut ini ada beberapa macam jenis sepeda gunung yang bisa anda ketahui agar tidak salah.

1. Sepeda Gunung Trail

Jenis pertama bernama sepeda gunung trail sepeda ini cocok sekali untuk penggunaan di area pegunungan terutama untuk jenis balapan, ataupun bagi anda yang senang mengeksplorasi alam. Selain itu sepeda trail juga cocok untuk memacu adrenalin di jalanan offroad.

Sepeda jenis ini tidak akan mudah rusak dan dapat digunakan dalam berbagai jenis jalan yang terjal. Rangka sepeda ini memiliki sudut yang lebih landai karena membantu pengendara untuk lebih percaya diri, dalam menuruni jalanan yang berbahaya ataupun menanjak sementara ban memiliki alur tapak yang lebih agresif. Sehingga tetap aman jika jalanan licin.

2. MTB XC/Cross Country

Jenis sepeda gunung kedua yang harus anda ketahui yaitu jenis mtb xc atau biasa disebut sebagai cross country, di mana sepeda ini merupakan salah satu sepeda yang memiliki full suspension sehingga membantu penggunaan yang lebih nyaman. Konstruksi sepeda ini digunakan dalam trek offroad menengah hingga ekstrim.

Sepeda downhill merupakan salah satu sepeda yang menggunakan konstruksi full suspension. Sayangnya sepeda ini kurang cocok digunakan untuk untuk medan track yang halus dan terasa berat. Karena bobotnya yang tentu saja berbeda dengan sepeda biasa. Apabila anda menemui jalan yang terjal bahkan banyaknya benturan atau lompatan sepeda ini menjadi pilihan yang paling tepat.

3. Sepeda Gunung Enduro

Penggunaan sepeda gunung lainnya yang bisa anda dapatkan yaitu sepeda gunung enduro atau all mountain. Sepeda ini memiliki rangka yang lebih kuat disertai dengan travel suspensi yang lebih panjang cocok, bagi anda yang melewati jalanan yang lebih kasar lebih rumit atau bahkan khusus untuk atlet yang menggunakan teknik tertentu.

Sepeda gunung enduro masih terasa ringan dan juga lincah. Ketika memutuskan untuk melewati jalanan yang menanjak dan memiliki turunan yang sangat cepat. Selain itu terdapat gir belakang yang membantu agar rantai tidak terjatuh, dan cocok untuk anda yang memang memiliki hobi bersepeda secara serius.

4. Sepeda Gunung Gravity

Sepeda gunung gravity, merupakan jenis sepeda gunung lainnya yang bisa digunakan apabila anda memang lebih senang untuk menuruni bukit dengan bantuan dorongan atau gravitasi. Sehingga bukan hanya sekedar turunan yang lurus atau mulus.

Tetapi juga turunan yang bergelombang dan penuh tantangan sepeda ini juga cocok sekali untuk anda yang sangat senang untuk menaklukkan jalur yang curam. Sepeda gunung downhill memiliki bentuk yang besar dengan struktur yang tangguh. Sehingga tidak perlu khawatir sepeda ini mudah rusak ataupun patah rem cakram menjadi standar. Sehingga membantu perlindungan lebih maksimal agar kaki lebih bebas dan tidak berbahaya dalam penggunaannya.

5. Sepeda gunung Freeride

Jenis lainnya yang bisa digunakan adalah sepeda gunung freeride, di mana sepeda ini memiliki struktur khusus yang dibangun di jalan setapak layaknya balok, tembok, ataupun tangga. Berbeda dengan beberapa sepeda gunung lainnya khusus untuk gunung ini memiliki jalur yang cukup padat.

Disertai dengan kondisi menurun atau permanen layaknya gunung. Tetapi ingat bukan untuk jalur yang terjal atau pun masih berupa tanah. Umumnya banyak masyarakat di Italia atau di Eropa yang menggunakan sepeda gunung freeride hari ini.

Itulah 5 jenis sepeda gunung beserta fungsi utamnya yang perlu anda ketahui sebelum membeli atau menggunakannya.

Baca Juga: