Hijab.id

Ini 5 Tempat Wisata Air Terjun di Jogja yang Membuat Pikiran Tenang

22 Mar 2022  |  65x | Ditulis oleh : Admin2
Ini 5 Tempat Wisata Air Terjun di Jogja yang Membuat Pikiran Tenang

Daerah Istimewa Yogyakarta benar-benar merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling terkenal, entah untuk warga setempat ataupun wisatawan mancanegara. Banyak sekali pilihan tempat wisata yang ada di Jogja.

Wisata alam merupakan salah satu pilihan yang banyak diburu orang-orang yang ingin berlibur ke Jogja. Di samping pantai, gunung, dan pohon-pohonan, di Jogja pun banyak tersedia air terjun yang dapat menyegarkan dan menenangkan pikiran.

Mari simak berbagai tempat wisata air terjun di Jogja di bawah ini supaya liburan anda semakin asyik.

Tempat Wisata Air Terjun di Jogja

Bagi anda yang menyukai wisata alam Jogja, tentunya air terjun menjadi tempat yang jangan dilewatkan. Ini dia tujuh air terjun di Jogja yang dapat anda kunjungi bareng teman-teman maupun keluarga.

Air Terjun Pantai Jogan

Di sini anda akan disuguhkan panorama yang mengagumkan, tebing tinggi yang dihiasi oleh air terjun yang mengalirinya. Tempat Air Terjun Pantai Jogan berada di Gunung Kidul, tepatnya terletak di Desa Purwodadi di wilayah Kecamatan Tepus.

Kecuali bermain air di air terjun yang dijuluki Air Terjun Pengantin atau Grojogan Pengantin, anda pun dapat menikmati wisata yang menantang adrenalin, seperti rappelling. Tetapi ini hanya bagi anda yang tak takut pada ketinggian dan senang tantangan!

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya ada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Untuk hingga ke tempat utama air terjun, anda dapat berjalan kaki atau memakai rakit yang sudah disediakan khusus.

Air terjun ini memiliki cabang tiga dan mengalir ke Sungai Oyo. Sungai ini pun menjadi pesona tersendiri dengan airnya yang memiliki warna kehijauan. Disamping itu di sini anda pun dapat menikmati wahana flying fox bila anda menyenangi kegiatan yang agak menantang.

Luweng Sampang

Masih terletak di Gunung Kidul, Air Terjun Luweng Sampang bertempat di Jln. Juminahan, Dusun Mongkrong, Desa Sampang. Untuk mencapai ke sini, anda butuh melakukan trekking, seperti saat menuju ke tempat air terjun pada umunya. Tetapi tenang saja sebab jalur yang akan anda lalui cukup mudah dan malahan sudah ada anak tangga dan jalan yang lumayan lebar untuk anda lewati.

Tempat yang diapit oleh dua tebing ini menyajikan panorama yang menarik untuk para wisatawan. Disamping itu, kolam yang berada di bawah air terjun juga relatif lebar dengan airnya yang bening, walau kadang-kadang bisa kelihatan sedikit keruh, menurut musim.

Banyunibo

Air terjun Banyunibo berada di tengah hutan dan mempunyai panorama yang membuat mata segar dan menyegarkan pikiran.

Sungguh menyenangkan bermain-main di kolam di bawah air terjun yang berketinggian 10 meter ini.

Curug Pulosari

Curug Pulosari ada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan. Curug di Jogja ini menjadi salah satu curug yang banyak diburu para pelancong.

Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk membuat destinasi wisata ini cocok untuk anda yang memiliki tujuan menenangkan pikiran dan hati. Air terjun ini juga tidak terlampau tinggi, sekitar 5-7 meter. Di samping bermain air dan melihat keindahan yang disajikan, anda pun dapat melakukan olahraga yang lumayan menantang, seperti repelling atau climbing.

Itulah 5 tempat wisata air terjun di Jogja yang dapat anda nikmati bareng dengan teman-teman ataupun keluarga.

Baca Juga: