RF

Perlu Diketahui, Ini 5 Jenis Rambut Bercabang dan Penyebabnya yang Paling Biasa Terjadi

3 Jun 2022  |  83x | Ditulis oleh : Admin2
Perlu Diketahui, Ini 5 Jenis Rambut Bercabang dan Penyebabnya yang Paling Biasa Terjadi

Di samping rontok, berminyak, dan berketombe, salah sebuah persoalan rambut yang kerap timbul ialah rambut bercabang. Keadaan ini menyebabkan tampilan rambut jadi lebih kusam sebab ujung rambut jadi kering dan rapuh. Guna menghindari dan menangani soal rambut yang satu ini, yok ketahui jenis dan penyebab rambut bercabang!

Jenis Rambut Bercabang

Dikutip dari Allthingshair, inilah jenis-jenis rambut bercabang yang biasa ditemui:

Cabang kecil

Ini merupakan jenis rambut bercabang yang tersering timbul. Nampak dari cabang rambut terbelah dua di area ujung rambut dan amat kecil.

Cabang bulu-bulu

Jenis rambut bercabang ini seperti cabang bulu-bulu burung ataupun ranting pohon. Kutikula rambut telah tak bersatu dan cabang rambut telah terbelah berkali-kali.

Cabang Y

Cabang Y merupakan keadaan ketika rambut terbelah membuat cabang yang serupa huruf 'Y'.

Cabang lilin

Agak berlainan dengan jenis rambut bercabang yang lain, jenis ini tak kelihatan terbelah. Tetapi, rambut akan nampak tipis di area ujung.

Cabang simpul

Seterusnya, jenis rambut bercabang ini lazim dialami pada pemilik rambut keriting. Wujudnya menggulung ke belakang dan seperti simpul kecil akibatnya rambut jadi gampang kusut.

Penyebab Rambut Bercabang

Ini dia penyebab rambut bercabang yang penting anda kenali:

Terlampau kerap keramas

Keramas memang langkah membersihkan rambut dari beragam kotoran dan minyak. Tetapi keramas secara berlebih pun bisa menyebabkan rambut jadi kering, rapuh dan bercabang. Dikutip dari webmd, umumnya orang cuma memerlukan keramas 2-3 kali tiap minggu. Janganlah lupa pula untuk memakai conditioner supaya rambut lebih lembap dan ternutrisi sehingga tak gampang rapuh.

Menyisir rambut sembarangan

Menyisir rambut nyatanya pula bisa menjadi salah sebuah penyebab rambut bercabang. Ketika menyisir rambut terlalu berlebih, rambut bisa jadi gampang bercabang dan rontok. Dikutip dari Healthline, para pakar merekomendasikan menyisir rambut dilaksanakan 2x dalam satu hari.

Menyisir rambut akan menunjang meratakan minyak rambut alami dari kulit kepala ke bagian tangkai rambut. Perlu pula untuk mempunyai dua jenis sisir rambut, yaitu sisir yang dipakai ketika rambut basah dan ketika rambut kering. Jenis sisir yang sesuai akan menunjang merawat rambut tampil lebih sehat.

Mengikat rambut dengan kuat

Salah sebuah penyebab rambut bercabang yang kerap tak disadari ialah rutinitas mengikat rambut terlampau kencang. Apalagi beberapa ikat rambut punyai bahan yang keras, bersinggungan dengan tangkai rambut, sampai pada akhirnya merusak rambut. Untuk itu, ada baiknya anda milih bahan ikat rambut yang halus dan tak mengikat rambut terlampau kencang.

Terkena suhu panas

Catokan, hairdryer, sampai sisir listrik memang bisa menunjang tampilan rambut jadi lebih indah dan menarik. Tetapi, terpaan temperatur panas dari beberapa alat itu bisa jadi pemicu rambut bercabang. Buat mencegah rambut bercabang, anda penting memberikan perawatan lebih terhadap rambut supaya tak gampang rusak ketika terkena temperatur panas. Di samping itu, perlu pula untuk memberikan sela pemakaian beberapa alat styling rambut.

Memetik cabang rambut

Dikutip dari situs Instyle, pemicu rambut bercabang selanjutnya ialah rutinitas memetik bagian rambut yang bercabang. Menurut Laura Polko, seorang penata rambut, rutinitas membelah rambut cuma akan menyebabkan rambut jadi lebih rapuh. Alangkah baiknya secepatnya jalani perawatan di salon supaya rambut yang bercabang dipotong dan dibereskan.

Demikianlah informasi sekitar jenis dan penyebab rambut bercabang. Mudah-mudahan info di atas berguna dan anda dapat memperoleh penampilan rambut yang lebih sehat.

Baca Juga: