rajaseo

Cara Mengobati Flu dengan Obat Herbal dari Tanaman Echinacea

14 Apr 2023  |  237x | Ditulis oleh : Admin
Cara Mengobati Flu dengan Obat Herbal dari Tanaman Echinacea

Flu atau yang juga dikenal dengan sebutan influenza adalah penyakit yang umum terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Gejala flu yang umum terjadi adalah demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, pilek, serta nyeri otot. Meskipun flu bisa sembuh dengan sendirinya, namun terkadang memerlukan penanganan khusus terutama jika gejala yang dialami cukup parah. Salah satu alternatif pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat herbal dari tanaman Echinacea.

Tanaman Echinacea atau yang juga dikenal sebagai purple coneflower adalah jenis tanaman herbal yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli Amerika sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat utama dari Echinacea adalah sebagai imunostimulan, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai infeksi virus dan bakteri.

Berikut adalah beberapa cara mengobati flu dengan obat herbal dari tanaman Echinacea:

Mengkonsumsi suplemen Echinacea

Anda dapat mengkonsumsi suplemen Echinacea yang bisa dibeli di apotek atau toko obat. Dosis yang dianjurkan adalah 300-500 mg per hari, terutama pada awal gejala flu.

Membuat teh Echinacea

Caranya adalah dengan merebus 1-2 sendok teh akar Echinacea dalam 1 cangkir air selama 10-15 menit. Setelah itu, saring dan minum teh Echinacea 2-3 kali sehari.

Menggunakan Echinacea dalam bentuk salep

Salep Echinacea dapat digunakan untuk mengurangi gejala flu pada area hidung yang teriritasi akibat pilek dan batuk. Caranya adalah dengan mengoleskan salep Echinacea pada area hidung yang teriritasi.

Mengkombinasikan Echinacea dengan bahan alami lainnya

Anda juga dapat mengkombinasikan Echinacea dengan bahan alami lainnya seperti madu, jahe, atau lemon untuk membuat ramuan yang dapat membantu meredakan gejala flu.

Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal dari tanaman Echinacea. Terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu.

Pengobatan flu dengan obat herbal dari tanaman Echinacea bisa menjadi alternatif pengobatan yang aman dan efektif. Namun, selalu diimbangi dengan pola hidup sehat dan menerapkan tindakan pencegahan flu seperti sering mencuci tangan dan menjaga jarak sosial. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: