RF

Belum Pernah Mencobanya? Ini 10 Manfaat Sabun Beras

21 Feb 2022  |  442x | Ditulis oleh : Admin2
Belum Pernah Mencobanya? Ini 10 Manfaat Sabun Beras

Beragam produk kecantikan mulai bersaing dengan meluncurkan beberapa varian sabun. Diantaranya sabun pepaya dan sabun beras. Tetapi belakangan yang tengah terkenal dan jadi incaran kaum wanita ialah sabun beras. Biasanya, sabun ini dibuat dari air bilasan beras yang dipadukan dengan susu. Kabarnya, sabun beras mempunyai segudang manfaat yang mengagumkan.

Terlebih beras mempunyai beberapa kandungan, seperti zat antioksidan, mineral vitamin B dan E yang bisa menutrisi kulit. Sementara itu susu mengandung asam laktat yang menjadi bahan AHA (Asam Alfa Hidroksi). Lantas, apa saja manfaat sabun beras bagi kulit?

1. Mengatasi Kulit Kering

Ada berbagai faktor kenapa kulit jadi kering, seperti terlalu sering berendam di dalam air hangat, kelembapan udara yang rendah, cuaca panas atau dingin. Untuk anda yang mempunyai persoalan kulit kering, tidak usah khawatir. Sebab dengan memakai sabun beras akan menunjang menyelesaikan masalah itu. Dengan memakai sabun beras 2 kali sehari bisa menangani kulit kering dan kerusakan karena SLS.

2. Mencerahkan Kulit

Sabun beras amat dipercaya bisa menyamarkan kulit belang dan memulihkan warna asal kulit sehingga anda akan tampil lebih PD dengan kulit yang nampak cerah.

3. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Pada wajah kerap kali timbul bintik-bintik hitam yang umumnya dikarenakan hiperpigmentasi. Yakni saat kulit membuat terlampau banyak melanin. Hiperpigmentasi pun dapat diakibatkan oleh penuaan jaringan parut paparan sinar matahari, dan hal lainnya.

Air beras ternyata bisa membantu memulihkan kerusakan kulit atau flek hitam karena cahaya matahari. Sabun beras pun bisa menambah kolagen pada kulit yang bikin kulit terasa lebih kenyal serta menghindari kerutan.

4. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Sabun beras memberikan jalan keluar untuk problem satu ini. Karena di dalamnya terdapat alantoin yang diyakini bisa mengurangi inflamasi dan kulit kemerahan. Sabun ini tepat sekali dipakai oleh anda, pemilik kulit berjerawat.

Tidak cuma alantoin, beras hitam pun berisi zat antioksidan yakni ferulic acid. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kulit anda akan terjaga dari radikal bebas. Kulit akan terhindar dari keriput dan garis halus sehingga tetap terlihat awet muda.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Senyawa organik yang terdapat dalam sabun beras, seperti alantoin, bersifat antiinflamasi dan menenangkan. Kandungan alantoin bisa memacu proses penyembuhan luka pada kulit.

6. Menghaluskan Kulit

Sabun ini diyakini bisa mengatasi kulit wajah yang kasar. Caranya anda mesti menggunakan secara teratur setiap kali mandi supaya masalah kulit kasar bisa cepat tertangani.

7. Mengendalikan Minyak

Kulit wajah yang berminyak merupakan sebuah keadaan kulit karena produksi minyak alami (sebum) yang berlebihan oleh kelenjar sebaceo. Walau bisa berperan untuk melembapkan, produksi sebum terlampau banyak bisa menambah risiko permasalahan kulit, seperti jerawat, komedo kulit kusam, dan penyumbatan pori-pori.

Sabun beras ampuh mengendalikan minyak kulit. Bila minyak kulit terkendali dengan baik, kelembapan kulit juga ikut terjaga. Dengan demikian kulit anda akan semakin lembap akibat kandungan kolagennya yang relatif tinggi dari sabun beras.

8. Membantu Proses Detoksifikasi

Kulit dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan lapisan kulit mati secara teratur. Hal ini amatat penting mengingat kulit baru cuma akan tumbuh sesudah berlangsungnya proses itu.

Sabun beras bisa menujang membantu proses detoksifikasi ini supaya berjalan baik dan lancar. Dengan begitu kulit mati akan segera terganti dengan yang halus dan sehat.

9. Mengatasi Alergi

Sejumlah bahan kimia bisa menyebabkan alergi pada kulit. Gejala alergi pada wajah  umumnya menyebabkan pembengkakan di lidah, mata, bibir, dan wajah, gatal serta ruam merah. Anda dapat menggunakan sabun ini untuk mengatasinya sebab tak mengandung zat-zat kimia yang memperparah alergi sehingga kulit tidak lagi mengalami iritasi dan menjadi lebih sehat.

Demikian itu tadi berbagai manfaat sabun beras bagi kulit. Sudah pernahkah anda mencobanya?

Berita Terkait
Baca Juga: