rajabacklink

7 Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah dan Cara Menanganinya

27 Feb 2022  |  98x | Ditulis oleh : Admin2
7 Penyebab Flek Hitam Muncul di Wajah dan Cara Menanganinya

Anda harus mengerti apa saja hal yang menyebabkan flek hitam di wajah agar dapat mencegahnya. Ephelis atau orang lazim mengetahuinya dengan flek hitam adalah gangguan kulit yang biasa timbul pada siapa saja, dari bermacam umur. Walaupun biasanya bukan keadaan berbahaya, namun dapat menurunkan rasa percaya diri.

Umumnya flek hitam timbul pada waktu musim kemarau, khususnya pada orang berkulit putih. Wujudnya berbentuk bintik atau bercak dengan warna lebih gelap dibandingkan kulit di seputarnya. Hal ini timbul sebab terjadinya kenaikan pembuatan melanin yang menjadi pigmen alami. Berikut ini beberapa penyebab melanin meningkat, diantaranya.

1. Paparan sinar matahari

Penyebab paling terpenting dari timbulnya flek hitam ini ialah paparan sinar matahari. UVA ataupun UVB yang meresap di kulit dapat menambah pembuatan melanin. Pada keadaan khusus, kenaikan pigmen ini tak tersebar merata pada kulit. Dampaknya, akan timbul bintik-bintik noda berwarna kecokelatan pada kulit wajah.

2. Aspek genetik

Jika di dalam keluarga ada yang gampang timbul flek hitam, maka risiko akan makin bertambah. Hal ini lantaran aspek genetik pun memengaruhi pembuatan melanin. Itulah sebabnya keadaan tiap-tiap orang dapat berlainan. Biasanya, flek hitam karena aspek genetik ini lebih susah penanganannya.

3. Kurang konsumsi vitamin

Penyebab timbulnya bintik hitam ini bisa juga karena minimnya konsumsi vitamin. Sayangnya, vitamin ini adalah salah satu pendukung kesehatan kulit. Sehingga, bila menderita kekurangan akan mengundang timbulnya flek. Guna menanggulangi hal ini, hendaknya mengkonsumsi suplemen vitamin E, C, B12, serta K.

4. Sisa peradangan

Hadirnya luka, jerawat, atau infeksi pada kulit wajah akan memunculkan bekas dengan warna yang lebih gelap. Jika jerawat atau peradangannya makin banyak serta berdimensi besar, maka akan memicu flek hitam yang pula besar. Malahan bisa lebih gelap serta meluas.

5. Dampak pemakaian kosmetik

Merasa lebih kerap ada di rumah, namun flek hitam tetap timbul? Hal ini dapat saja timbul karena pemakaian kosmetik. Beberapa bahan khusus pada kosmetik dapat menambah kepekaan kulit pada cahaya matahari. Sehingga, walaupun cuma sejenak ada di luar, kulit akan langsung menanggapi dengan timbulnya flek.

6. Aspek umur

Satu lagi penyebab timbulnya flek hitam ialah lantaran aspek umur. Makin tua seseorang membuat kulitnya pun mulai menderita gangguan. Contohnya ialah keriput. Keadaan ini dapat menyulut penimbunan pigmen pada sebuah bagian khusus, akibatnya, bagian itu jadi lebih gelap dibandingkan kulit di seputarnya.

7. Dampak obat

Nyatanya, ada berbagai obat yang mempunyai dampak menyulut timbulnya flek pada wajah. Biasanya, tak berwarna kecokelatan saja, bintik ini dapat berwarna abu-abu atau kebiruan. Walaupun tak berbahaya, keadaan ini bisa menyebabkan pengidapnya merasakan gangguan kepercayaan diri.

Cara Menangani Flek Hitam

Biasanya flek hitam karena peradangan atau paparan cahaya matahari dapat sembuh sendiri. Tetapi, saatnya bisa berlainan pada tiap-tiap orang. Guna menghindari serta menangani flek hitam, ada berbagai cara, salah satunya ialah memakai sunblock dengan SPF 30 atau lebih.

Sunblock ini berfungsi sebagai penahan supaya cahaya UV tak terserap oleh kulit serta menyulut kenaikan pigmen.

Walaupun begitu, ada keadaan yang menyebabkan flek hitam jadi berbahaya. Amati keadaan flek yang muncul. Jika bintik-bintik itu nyeri, gatal, atau menonjol, hendaknya lekas menghubungi dokter, sebab mungkin itu adalah tanda-tanda tumor kulit.

Dengan memperhatikan berbagai penyebab flek hitam di wajah itu, anda mesti menjalankan pencegahan. Jauhi ada di bawah terik matahari tanpa proteksi, khususnya tanpa memakai sunblock SPF 30. Tidak hanya itu, konsumsi makanan sehat seimbang supaya keperluan vitamin terpenuhi serta kulit jadi sehat.

Baca Juga: