Hijab.id

Ini yang Mesti Diperhatikan Supaya Tubuh Tidak Lemah Ketika Puasa

4 Apr 2022  |  60x | Ditulis oleh : Admin2
Ini yang Mesti Diperhatikan Supaya Tubuh Tidak Lemah Ketika Puasa

Supaya tubuh tak lemah ketika puasa, ada berbagai poin penting sekali buat dicermati dan diaplikasikan. Apakah saja nih?

Lemah ketika puasa ialah hal yang biasa terjadi. Biasanya keadaan ini terjadi pada tahap awal yaitu 3-4 hari awal. Karena, tubuh masih perlu menyesuaikan. Tetapi, sesudah tahap itu terlalui, maka rasa lemah pun tak akan terasa memperberat, sebab anda telah terlatih dengan hal itu. Lalu, bagaimana bila lemah ketika puasa masih terjadi lebih dari 4 hari? Kalem saja, anda tak usah cemas. Ada berbagai hal yang perlu anda cermati supaya tubuh tak lemah ketika puasa, yaitu sebagai berikut ini:

1. Sahurlah dengan Menu yang Bergizi

Supaya badan tak lemah ketika puasa, coba untuk tak melewati makan sahur. Karena, makan sahur diumpamakan semacam sarapan pagi guna mendukung kegiatan sepanjang berpuasa sepanjang hari. Jika anda kerap melewatinya, tidak boleh bingung bila tubuh akan terasa amat lemah pada siang hari.

Pilih menu sahur yang bergizi, memiliki serat, dan sehat, hingga bisa menolong melindungi metabolisme tubuh sepanjang berpuasa. Menu sahur pilihan dapat berbentuk menu karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, beras merah, kentang, menu protein seperti telur atau yogurt, dan janganlah lupa buah-buahan.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Badan yang kekurangan cairan condong bisa lebih cepat terasa lemah dan tidak memiliki tenaga. Ditambah ketika berpuasa. Supaya badan tak lemah ketika puasa, upayakan buat memenuhi keperluan cairan pada tubuh. Karena, air adalah bagian khusus pada tubuh manusia. Persentase air pada tubuh manusia lebih kurang 55-60% dari berat orang dewasa.

Umumnya, orang dewasa mengkonsumsi 2,4 ltr air setiap harinya. Tetapi, pada siang hari ketika puasa, tentu saja kita tak dapat minum, kan? Maka atur kandungan air ketika buka dan sahur sangat penting. Dengan ukuran minum air yang cocok ketika sahur atau buka, tentu saja akan menjadikan semua kegiatan terasa normal ketika puasa.

3. Makanan Vitamin

Ada yang tidak kalah penting buat dicermati supaya badan tak lemah ketika puasa, yakni mengkonsumsi vitamin. Walau dirasakan cuman semacam tambahan saja, tetapi vitamin terbukti bisa menolong untuk memaksimalkan tenaga sepanjang berpuasa. Konsumdilah vitamin yang tepat ketika sahur atau buka, dengan demikian sistim kesehatan pun akan terjaga dengan optimal. Sehingga hati lemah dan kurang bergairah tak akan mampir pada siang hari.

4. Olahraga

Tidak boleh menjadikan puasa semacam alasan bagi anda bermalasan. Walau tengah berpuasa, anda tetap harus aktif bergerak. Bila cuma diam saja, karenanya badan akan kian lemah. Salah satunya aktivitas yang dapat anda kerjakan ialah melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga, akan menolong melindungi keseimbangan badan dengan kegiatan tiap hari ketika berpuasa. Tetapi, supaya badan tak loyo ketika puasa, dianjurkan untuk menjalani olahraga yang enteng saja.

5. Tidur Siang Sesaat

Jika anda mempunyai waktu senggang, coba gunakan waktu itu buat tidur siang. Karena, tidur siang amat berguna buat rileksasi, kurangi kecapekan, dan menaikkan suasana hati. Tetapi, jaga supaya jam tidur masih tetap singkat, yakni lebih kurang 10-20 menit. Karena makin lama jam tidur siangmu, maka akan makin kemungkinan besar merasa pusing sesudahnya.

6. Cermati Menu Buka Puasa

Kecuali menu sahur, menu buka puasa pun amat memiliki pengaruh pada keadaanmu, loh . Sehingga, coba untuk masih tetap melindungi pola menu sehat ketika buka puasa. Hingga keseimbangan dan kesehatan badan akan selalu terlindungi ketika berpuasa. Adapun macam menu buka dapat diawali terlebih dulu dengan suatu hal yang manis seperti kurma, selanjutnya disisipin dengan minuran fresh seperti air putih dingin, dan diteruskan dengan makan menu berprotein dan karbohidrat buat mencukupi keperluan badan.

Dengan ambil langkah yang jitu, diinginkan Ramadhan tak cuma menguatkan unsur secara religius saja, tetapi pula secara fisik.

 

Berita Terkait
Baca Juga: