Tryout.id

10 Strategi Jitu Membesarkan UKM Lewat Pemasaran Online

22 Jun 2024  |  18x | Ditulis oleh : Admin
10 Strategi Jitu Membesarkan UKM Lewat Pemasaran Online

Pemasaran online memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di era digital ini. Dengan strategi pemasaran online yang tepat, UKM memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah 10 strategi jitu yang dapat membantu UKM dalam membesarkan bisnisnya melalui pemasaran online.

1. **Mengoptimalkan Website**  
Membangun atau mengoptimalkan website bisnis merupakan langkah awal yang sangat penting. Pastikan website UKM memiliki desain yang menarik, mudah dinavigasi, dan responsif untuk pengalaman pengguna yang baik.

2. **SEO (Search Engine Optimization)**  
Optimalkan konten website dengan menggunakan kata kunci yang relevan, memperbarui konten secara berkala, dan meningkatkan backlink untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

3. **Content Marketing**  
Membuat konten berkualitas seperti artikel, blog, video, atau infografis yang bermanfaat bagi audiens potensial. Konten-konten ini dapat membantu membangun brand awareness dan kredibilitas bisnis.

4. **Sosial Media Marketing**  
Memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa, berinteraksi dengan konsumen, dan membangun komunitas online.

5. **Email Marketing**  
Mengirimkan email kepada pelanggan potensial maupun yang sudah ada dengan konten yang relevan dan menarik, serta penawaran khusus atau diskon.

6. **Penggunaan Keywords dan Hashtags yang Tepat**  
Memiliki pemahaman yang baik mengenai kata kunci dan hashtag yang sesuai dengan bisnis untuk membantu audiens menemukan informasi yang relevan.

7. **Menggunakan Google My Business**  
Mendaftarkan bisnis di Google My Business untuk meningkatkan keberadaan online dan membantu konsumen menemukan informasi bisnis dengan mudah.

8. **Memanfaatkan Influencer Marketing**  
Bekerjasama dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan untuk memperluas jangkauan pemasaran.

9. **Pemasaran melalui Online Marketplace**  
Memanfaatkan platform online marketplace untuk memperluas pangsa pasar dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

10. **Mengukur dan Menganalisis Kinerja**  
Memantau dan menganalisis kinerja pemasaran online secara berkala untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Dengan menerapkan strategi pemasaran online yang tepat, UKM memiliki peluang besar untuk tumbuh dan berkembang di pasar digital yang semakin kompetitif. Dengan memahami potensi pemasaran online, UKM dapat meningkatkan kehadiran dan penjualan produk atau jasanya secara signifikan.

Berita Terkait
Baca Juga: