rajabacklink

Lebih Jauh Mengenal Jenis Durian Cumasi atau Tai Babi Durian Termahal Asli Indonesia

3 Okt 2022  |  110x | Ditulis oleh : Admin
Lebih Jauh Mengenal Jenis Durian Cumasi atau Tai Babi Durian Termahal Asli Indonesia

Seperti yang kita tahu, Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil buah durian dengan berbagai jenis dan ada beberapa yang sudah terkenal karena mempunyai kualitas super dan merupakan durian unggulan dari Indonesia. walaupun saat ini jenis durian kita masih kalah dengan negara Malaysia, namun dengan banyaknya jenis durian yang ada saat ini, Indonesia bisa dikatakan negara yang paling banyak menghasilkan berbagai jenis durian.

Salah satunya adalah jenis durian asal Bangka Belitung yaitu Durian Cumasi atau lebih dikenal dengan Durian Tai Babi. Tapi jangan salah walaupun namanya adalah durian tai babi tentunya durian ini tidak haram, karena itu hanya penyebutan untuk salah satu jenis durian unggulan dari Bangka Belitung. Untuk penamaannya yang sedikit jorok tersebut memang bukan tanpa sebab, julukan ‘Tai Babi’ tersebut diberikan karena dahulu bibit durian tersebut ditanam dekat kandang babi dan sampai sekarang masih dipakai untuk menjuluki jenis durian satu ini.

Durian Cumasi atau Tai Babi ini termasuk salah satu durian termahal yang ada di dunia. Dilansir dari kompas.com, ditempat asalnya Bangka Belitung, durian tersebut dibandrol dengan harga bisa mencapai Rp 300 – 400 ribu per buah, bahkan bisa mencapai jutaan melebihi harga dari jenis durian lain yang biasa ada di Indonesia. Memang apa sih yang membuat Durian Cumasi atau Tai Babi ini sangat spesial, sehingga harganya bisa dibandrol begitu mahal?

Berdasarkan dari beberapa sumber, durian ini memiliki rasa yang khas sehingga berbeda dengan jenis durian lainnya. Durian Tai Babi ini memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan jenis durian lainnya, yang membedakan adalah rasa. Durian Tai Babi tersebut memiliki rasa yang lebih legit, manis sedikit agak pahit, serta memiliki daging buah yang tebal dan biji yang kecil.

Untuk mendapatkan buah Durian Tai Babi ini tidaklah mudah. Dilansir dari merdeka.com, buah durian tersebut sangat terbatas. Durian tersebut hanya bisa didapatkan jika ada pembeli yang memesan, jadi tidak semua pedagang terlebih di Bangka Belitung itu sendiri menjual Durian yang dijuluki Tai Babi tersebut.

Dengan harga yang terbilang lebih mahal dari jenis durian lainnya, Durian Tai Babi tersebut selalu incaran bagi para wisatawan yang datang ke Bangka Belitung. Bahkan, durian jenis ini dapat bersaing dengan jenis durian yang terkenal lainnya, seperti Durian Musang King, Black Thorn, J-Queen, dan Kan Yao.

Selain dari rasanya durian ini juga bisa dilihat dari bentuknya yang sedikit unik, yang memiliki ciri bagian atas yang lancip dan dibagian bawah yang lebih besar atau lebih gendut.

Baca Juga: