RF

Kuliner Unik Mancanegara, Makanan yang Aneh tapi Menggugah Selera

6 Jul 2023  |  337x | Ditulis oleh : Admin
Kuliner Unik Mancanegara, Makanan yang Aneh tapi Menggugah Selera

Dalam petualangan kuliner, sering kali kita menemui makanan yang dianggap aneh atau tidak biasa di beberapa negara. Meskipun terlihat tidak biasa, beberapa hidangan ini justru menggugah selera dan menjadi favorit bagi banyak orang di wilayah asalnya. Mari kita menjelajahi kuliner unik mancanegara yang terkadang membutuhkan sedikit keberanian untuk mencicipinya.

Escargot (Prancis)

Escargot adalah hidangan khas Prancis yang terdiri dari siput darat yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus seperti bawang putih, mentega, dan peterseli. Meskipun bagi sebagian orang konsep mengonsumsi siput mungkin terdengar aneh, namun rasa lezat dan tekstur kenyal escargot membuat hidangan ini sangat diminati oleh pecinta kuliner di seluruh dunia.

Haggis (Skotlandia)

Haggis adalah hidangan tradisional Skotlandia yang terbuat dari perut domba yang diisi dengan hati, paru-paru, dan jeroan domba lainnya yang dicampur dengan bawang, gandum, dan rempah-rempah. Meskipun terdengar tidak biasa, haggis memiliki rasa yang kaya dan lezat. Biasanya disajikan dengan kentang tumbuk dan neeps (kubis rutabaga).

Balut (Filipina)

Balut adalah telur bebek yang telah dierami selama beberapa minggu sehingga embrio bebeknya mulai terbentuk. Telur ini kemudian direbus dan dikonsumsi dengan cocolan garam. Meskipun mungkin terdengar mengejutkan, balut adalah makanan yang sangat populer di Filipina dan dianggap sebagai camilan yang lezat dan bergizi.

Durian (Asia Tenggara)

Durian adalah buah tropis yang terkenal dengan aromanya yang kuat dan kontroversial. Meskipun baunya dapat mengejutkan bagi beberapa orang, daging buah durian memiliki tekstur krimi dan rasa yang manis. Banyak orang di Asia Tenggara menikmati durian segar atau menggunakannya sebagai bahan untuk es krim, pancake, dan hidangan penutup lainnya.

Sannakji (Korea Selatan)

Sannakji adalah hidangan Korea yang terdiri dari cumi-cumi hidup yang dipotong menjadi potongan-potongan kecil dan disajikan mentah. Potongan cumi-cumi masih bergerak dan mungkin menempel di mulut saat dikunyah. Makanan ini menjadi tantangan bagi beberapa orang, namun bagi yang menyukai sensasi baru dan menantang, sannakji adalah pengalaman yang unik.

Casu Marzu (Sardinia, Italia)

Casu Marzu adalah keju yang terkenal di Sardinia, Italia. Yang membuatnya unik adalah kehadiran larva lalat dalam keju tersebut. Larva-larva ini mencerna keju, sehingga memberikan tekstur yang lembut dan beraroma khas. Walaupun sedikit aneh, Casu Marzu dianggap sebagai kelezatan oleh sebagian orang yang menghargai citarasanya yang kuat dan teksturnya yang khas.

Fried Tarantula (Cambodia)

Di Kamboja, tarantula goreng adalah makanan ringan dan jajanan kaki lima yang populer. Laba-laba besar ini digoreng hingga renyah dan dibumbui dengan garam dan rempah-rempah. Meskipun pemikiran memakan laba-laba mungkin meresahkan banyak orang, mereka adalah sumber protein yang baik dan dikatakan memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang mirip dengan kepiting.

Hakarl (Iceland)

Hakarl adalah hidangan tradisional Islandia yang terbuat dari daging hiu yang difermentasi. Hiu dikubur dan difermentasi selama beberapa bulan, kemudian digantung hingga kering selama beberapa bulan lagi. Proses ini menghilangkan zat beracun yang terdapat pada daging hiu segar. Hasilnya adalah kelezatan yang berbau menyengat dan beraroma amonia yang merupakan cita rasa yang didapat bagi kebanyakan orang.

Snake Wine (Vietnam and other Asian countries)

Anggur ular adalah minuman beralkohol unik yang ditemukan di berbagai negara Asia, termasuk Vietnam. Ular berbisa dimasukkan ke dalam anggur beras atau alkohol gandum, memberikan minuman rasa yang khas dan diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Ini sering dikonsumsi karena khasiat obatnya, seperti meningkatkan vitalitas dan kekuatan.

Mopane Worms (Southern Africa)

Cacing Mopane adalah ulat besar dari Ngengat Kaisar dan biasa dimakan di Afrika Selatan. Mereka dipanen, dijemur, dan sering dimasak dengan bumbu atau ditambahkan kedalam semur. Cacing ini merupakan sumber protein yang signifikan dan bisa dinikmati karena rasanya yang pedas dan sesuai selera orang afrika.

Sementara hidangan unik dan terkadang tidak biasa ini mungkin tampak aneh bagi sebagian orang. Namun, mereka memainkan peran penting dalam tradisi kuliner budaya dan menampilkan keragaman gastronomi global. Bagi Anda penggemar kuliner, mencoba hidangan eksotis ini bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan dan tak terlupakan, membuka perspektif baru tentang dunia kuliner internasional yang menakjubkan.

Baca Juga: