rajabacklink

5 Kuliner Manado yang Wajib Dicoba

3 Mar 2022  |  460x | Ditulis oleh : Admin2
5 Kuliner Manado yang Wajib Dicoba

Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang amat menawan, tetapi nyatanya tak cuma itu yang menarik wisatawan. Meski sumber daya alamnya yang amat menawan, tampaknya kuliner Indonesia pun terkenal sebagai juara sebab cita rasanya yang spesial. Apalagi Indonesia mempunyai beraneka macam makanan yang memiliki rasa asin, manis, gurih, asem, pedas, serta campur aduk. Jadi benar makanan di Indonesia tak usah dikhawatirkan.

Salah satu daerah yang mempunyai wisata kuliner yang kaya dengan rasa ialah Manado, Sulawesi Utara. Selaku kota yang terkenal dengan makanan Manado dengan cita rasa makanannya pedas serta asam, Manado mempunyai beragam varian santapan khusus Manado yang harus anda cicipi.

Di bawah ini berbagai kuliner khas Manado yang wajib dicoba saat berada di sana.

Bubur Manado

Kiranya kurang lengkap jika pada waktu liburan ke Manado tak mencobai bubur Manado. Santapan khusus Manado ini tepat sekali untuk dimakan pada pagi hari buat sarapan. Hidangan yang ringan tetapi mempunyai rasa yang kuat serta menjadikan perut terisi di pagi hari.

Apa perbedaan bubur ayam yang umum dimakan saban hari dan bubur Manado? Sebetulnya bubur Manado dibuat dari bahan beras, jagung, ubi, labu, serta sayur-mayur yang ditambahkan bumbu supaya rasanya kian enak. Siapa yang tidak ingin hunting kuliner khas yang satu ini?  

Ikan Cakalang Fufu

Selaku kota yang populer dengan hasil laut yang banyak, makanan Manado menghasilkan varian sekitaran seafood. Anda dapat melahap salah satu bahan seafood-nya yang diketahui dengan nama Ikan Cakalang Fufu. Ikan Cakalang Fufu tepat bagi anda yang pecinta santapan pedas.

Pembuatan Ikan Cakalang tersebut lewat proses pengasapan yang di Manado dinamakan Fufu. Santapan khusus Manado satu ini populer dengan julukan Cakalang Fufu. Anda dapat menjajal Ikan Cakalang Fufu di rumah makan kota Manado. Pada saat liburan ke Manado, pastikan masukan makanan Manado ini kedalam daftar anda!

Ikan Asam

Selaras dengan namanya, santapan khusus Manado satu ini mempunyai cita rasa fresh dan asam. Dalam kuah ikan asam terkandung potongan tomat serta cabai sehingga olahan ini mempunyai cita rasa pedas, serta dapat ditata menurut permintaan jika mau bertambah pedas.  

Klappertaart

Di samping santapan berat yang dibuat dari berbagai macam makanan laut, ada santapan khusus Manado yang manis rasanya, tepat buat penutup sajian. Kuliner Manado mempunyai kue khas yang diberi nama Klappertaart. Nyatanya asal resep adonan santapan ini dibawa dari kaum pedagang Belanda pada masa pendudukan Belanda di Manado.  

Arti dari kata Klappertaart sendiri ialah ‘kue kelapa’ dalam bahasa Belanda. Rasa kue tersebut manis serta gurih dengan tekstur yang halus di dalam tetapi ada agak crunch di luar sebab ada taburan potongan kacang almond. Tepat sekali bagi anda yang senang manis-manis, terlebih untuk anak-kecil. Santapan khusus Manado yang satu ini dapat anda jadikan oleh-oleh supaya yang di rumah mengetahui rasa aslinya dari Manado langsung.

Nasi Kuning Saroja

Ini salah satu makanan Manado yang jadi obrolan hangat orang-orang di sosial media ialah Rumah Makan Nasi Kuning Saroja. Rumah makan ini jadi terkenal sebab sempat terdaftar di Museum Rekor Indonesia (MURI) selaku pembuat nasi kuning paling banyak di Indonesia.  

Di samping penghargaan MURI, kalangan pengunjung rumah makan memang senang dengan rasa nasi kuning yang nikmat serta gurih. Anda dapat mengajak keluarga ataupun saudara anda untuk mencoba kuliner khas Manado ini. Dapat anda nikmati dengan sambal goreng, semur daging, abon cakalang atau keripik.

Demikianlah berbagai kuliner khas Manado yang harus anda coba ketika menyambangi kota Manado. Tiap makanan Manado menyuguhkan bermacam-macam menu yang berlainan tetapi kaya dengan cita rasa sendiri-sendiri. Anda dapat memuaskan lidah anda sejak dari yang rasa makanannya pedas, asem, manis, serta gurih. Tinggal pilih ingin cicipi yang mana terlebih dulu.

Baca Juga: