Hijab.id

Pantau Terus Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Umur dan Pilih Popok Bayi yang Paling Sesuai

7 Sep 2022  |  114x | Ditulis oleh : Admin
Merries

Pantau terus berat badan Si Kecil untuk mengetahui tahapan tumbuh kembang bayi, apakah sudah normal atau pertumbuhannya kurang baik. Namun ternyata sampai saat ini pun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengetahui Berat Badan Ideal Bayi. Tentunya hal ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan Si Kecil, apakah pertumbuhannya normal, lebih atau bahkan kurang baik.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui berat badan ideal bayi? Langkah pertama tentu Moms harus melakukan penimbangan terlebih dahulu. Lakukan penimbangan bayi setiap bulan, agar Moms bisa cek pertumbuhan Si Kecil setiap bulannya. Biasanya di setiap daerah akan ada Posyandu dan Moms akan diberikan sebuah tabel untuk mengisi berat badan bayi setelah dilakukan penimbangan.

Untuk lebih mengetahui berat badan ideal bayi, Moms bisa melihat contoh tabel berat badan bayi ideal berikut ini:

Usia                      Pertambahan Berat Badan Minimal

1 bulan                 800 gram
2 bulan                 900 gram
3 bulan                 800 gram
4 bulan                 600 gram
5 bulan                 500 gram
6 bulan                 400 gram
7-17 bulan           300 gram
18-24 bulan         200 gram

Nah! Untuk bisa mengetahui apakah kenaikan berat badan bayi tergolong normal atau tidak, Moms bisa melakukan perhitungan memakai sebuah rumus. Timbanglah bayi saat usianya masuk 1 bulan. Setelah itu, jumlahkan berat badannya saat lahir dengan angka pertambahan berat badan untuk bayi dalam satu bulan.

Misal: jika Si Kecil berat badannya 4 kg alias 4.000 gram saat pertama kali lahir, maka jumlahkan angka tersebut dengan angka 800 gram saat ia ditimbang di usia 1 bulan.

Kalau sudah, coba cek di bulan-bulan selanjutnya, apakah berat badannya mengalami kenaikan atau tidak. Bila ya, maka kenaikan berat badannya kurang lebih akan seperti tabel di bawah ini:

Berat Lahir = 4 kg (4.000 gram)

Usia                   Berat Badan Bayi Normal

1 bulan              4.800 gram (4.000 gram + 800 gram)

2 bulan              5.700 gram (4.800 gram + 900 gram)

3 bulan              6.500 gram (5.700 gram + 800 gram)

Jika grafik justru stagnan atau bahkan terus menurun lebih dari dua kali, maka Si Kecil harus segera ditangani secara medis. Nantinya, pihak medis akan memberikan beberapa langkah supaya grafik kenaikan berat badan Si Kecil bisa kembali naik.

Bayi dengan grafik pertumbuhan yang cenderung stagnan atau terus menurun biasanya dianggap sebagai bayi yang gagal tumbuh atau punya masalah pertumbuhan. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari gangguan hormon, masalah pencernaan, sampai mengidap kelainan bawaan dari orang tua mereka.

Jika Si Kecil mengalami masalah pertumbuhan , maka Moms bisa melakukan program untuk menaikkan berat badan bayi. Salah satu caranya adalah dengan perbanyak minum ASI, jangan sampai proses pemberian ASI terlupakan ya Moms. Moms juga bisa memberikan makanan pendamping ASI, karena di saat usianya mencapai 6 bulan tentu sudah bisa diberikan tambahan nutrisi seperti MPASI agar program menaikkan berat badan Si Kecil agar ideal bisa tercapai.

Selain melakukan program menaikkan Berat Badan Ideal Bayi, Moms juga mesti memerhatikan popok Si Kecil. Sebab, popok bisa membantu Si Kecil tetap nyaman selama menyusui dan melakukan aktivitas lainnya sepanjang hari. Sebagai saran, Moms bisa coba popok Merries Premium Pants

Produk popok ini memiliki sirkulasi udara yang ada di permukaan luar serta bagian pinggangnya. Adanya sirkulasi udara itu membuat kulit Si Kecil terbebas dari lembab. Selain memiliki sirkulasi udara, bagian pinggang popoknya juga pas di pinggang Si Kecil serta bisa diregangkan, sehingga Si Kecil pun nyaman memakainya.

Selain itu keunggulan popok Merries Premium Pants adalah memiliki roll up tape dan alarm penanda pipis. Merries Premium Pants kini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan berat badan Si Kecil, mulai dari S, M, L sampai XXL.

Baca Juga: