rajabacklink

Kenali Gejala Awal Gangguan Sistem Saraf, dan Segera Lakukan Peregangan untuk Tangan Kebas

23 Nov 2022  |  24x | Ditulis oleh : Admin
Sistem Saraf

Tidak semua orang memahami akan sistem saraf pada manusia, saking rumitnya sistem saraf pada manusia sering di kaitkan seperti jaringan listrik. Fungsinya adalah untuk menyebarkan informasi dalam bentuk impuls listrik, tidak jauh berbeda dengan sirkuit listrik yang ada di rumah anda. Sistem saraf harus saling terhubung ke seluruh tubuh untuk membawa informasi dari satu bagian ke bagian lain yang ada dalam tubuh kita.

Untuk mewujudkan hal tersebut, saraf yang merupakan bagian dari serat saraf yang bekerja seperti "kabel listrik" memungkinkan impuls mengalir dengan lancar. Jika terjadi gangguan pada serat saraf atau pada lapisan pelindungnya. Seperti kabel listrik yang terluka bahkan hancur, penghantar pesan listrik yang biasanya lancar akan terganggu. Hantaran listrik menjadi tidak teratur dan dapat menimbulkan impuls spontan dan tidak terkontrol.

Jika sampai terjadi kerusakan pada saraf perifer, gejala seperti neuropati perifer bisa terjadi. Gejalanya yang terjadi pun biasanya berbeda-beda, tergantung dari jenis saraf yang rusak. Seperti saraf motorik, sensorik atau otonom.

Jika serat saraf, atau lapisan sama seperti ketika jaringan listrik domestik anda yang rusak pastinya anda segera menghubungi tukang listrik, diagnosis dini saraf dan pengobatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf anda.

Struktur Saraf

Akson berupa ekstensi seperti kabel yang panjang dari neuron yang membawa sinyal dari badan sel ke sel lain - seperti neuron atau sel otot terdekat. Akson khusus, seperti yang ada di sistem saraf tepi, dibungkus dengan zat yang disebut mielin yang melindungi serat saraf dan mempercepat transmisi sinyal. Mengingat perumpamaan dengan kabel listrik, akson sama seperti tembaga di dalam lapisan plastik, yang dibungkus mielin.

Jadi, Anda mengetahui betapa pentingnya menjaga selubung mielin dan kesehatannya agar sistem saraf Anda berfungsi dengan baik. Cara mielin membungkus akson juga mengingatkan kita pada manik-manik kalung. Celah dalam selubung mielin disebut nodus ranvier, dan mempercepat penghantaran impuls. Neuron juga memiliki jenis ekstensi lain, yang disebut dendrit, yaitu cabang dari badan sel dan berbentuk seperti bintang ke neuron.
 

Salah satu pertanda awal gejala gangguan saraf biasanya terjadi kebas atau kesemutan pada bagian tangan. kebas, merupakan sensasi seperti memakai "sarung tangan" tak terlihat atau "kaus kaki" yang menghalangi anda merasakan sentuhan, adalah salah satu  contoh lain gejala kerusakan saraf yang dapat dikaitkan dengan gangguan lainnya.

Nyeri pada kaki dan tangan juga sering dikaitkan dengan aliran darah. Anda mungkin berpikir hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah, namun belum tentu dan bisa saja memang anda mengalami gangguan saraf. Apa pun gejala yang anda rasakan pada bagian tertentu tubuh anda yang dianggap tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter walaupun hanya gejala kesemutan.

Kesemutan yang terlalu sering pastinya akan berbahaya dan karena kesemutan akan menyebabkan anda seperti kebal tidak bisa merasakan sakit maupun cedera. Goresan kecil pada tangan yang tidak bisa anda rasakan akibat kebas, bisa membahayakan karena luka yang dibiarkan bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika anda punya silsilah diabetes atau sedang menderita diabetes.

Untuk mengatasi kebas pada tangan yang tidak tertahankan, anda bisa melakukan peregangan tangan kebas terutama pada pergelangan dan jari tangan anda. Peregangan bisa meminimalisir rasa kebas pada tangan anda sambil menunggu penanganan dari dokter. Selain itu anda juga bisa minum vitamin neurobion untuk menjaga kesehatan saraf anda agar tidak terjadi kerusakan dan mengalami kebas pada tangan anda.

Neurobion merupakan vitamin neurotropik dengan kandungan Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin B12, yang penting untuk kesehatan fungsi saraf. Vitamin B1 bekerja dengan membantu memetabolisme karbohidrat, Vitamin B6 membantu memetabolisme protein dan asam amino, Vitamin B12 membantu memelihara keutuhan jaringan saraf.

Baca Juga: