RajaKomen

5 Kulit Buah Yang Membuat Anda Tampil Cantik Dan Glowing

14 Mei 2022  |  51x | Ditulis oleh : Admin2
5 Kulit Buah Yang Membuat Anda Tampil Cantik Dan Glowing

Tak banyak yang tahu kulit buah-buahan memiliki manfaat untuk kecantikan, terutama membuat kulit awet muda, lembab dan lembut, serta melangsingkan tubuh. Kulit buah dapat dimanfaatkan dalam bentuk masker atau lulur dan diminum, tergantung kebutuhan. Umumnya kulit buah mengandung antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Jika diminum ramuan kulit buah akan bekerja dengan cara mengabsorbsi oksidan yang ada di dalam darah, termasuk di bawah kulit.

Jika makan buah-buahan, jangan buang kulitnya. Terutama kulit manggis, kulit pepaya, kulit apel, kulit jeruk, dan kulit pisang. Manfaatkan kulit buah-buahan tersebut sebagai perawatan kecantikan tradisional, baik dengan cara diminum ataupun dioleskan sebagai masker dan lulur. Jika dilakukan secara rutin, maka kulit Anda pun akan terlihat cantik dan glowing. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kulit Manggis

Kulit Manggis mengandung xanthone, sejenis senyawa polifenol yang mirip dengan bioflavonoid. Senyawa ini merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas karena itu dapat menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker. Kandungan antioksidan dapat mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel-sel kulit, serta mengatasi penyakit.

Kulit Pepaya

Tak hanya buahnya, kulit pepaya juga mengandung papain yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Papain berfungsi sebagai pelembut kulit sehingga bisa mengatasi kapalan dan kulit mengeras serta meregenerasi kulit. Pepaya mengandung serat, folat, vitamin A, C, dan E, karotenoid, lutein, lycopene, asam amino esensial dan kalium. Masyarakat Papua Nugini memanfaatkan kulit pepaya untuk mengobati ruam dan terbakar sinar matahari serta menghilangkan noda-noda hitam karena penuaan.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya vitamin C, antioksidan serta mengandung 60 flavonoid dan 170 fitonutrien berbeda, vitamin B6, serat dan fruktosa, serta kalsium,magnesium dan kalium. Manfaat kulit jeruk adalah untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit bersinar, menyeimbangkan kondisi kulit dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan bebas jerawat, serta memperlambat proses penuaan kulit.

Kulit Apel

Kulit apel mengandung vitamin C dan K serta asam folat, mineral seperti kalsium dan fosfor, serta serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kulit apel memiliki senyawa fitokimia seperti flavonoid dan asam fenolik yang membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit. Kulit apel juga memberikan manfaat triterpenoid untuk membantu melawan kanker. Apel juga mengandung asam hidroksi untuk mempercepat perkembangan regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit lebih halus.

Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan C serta air. Kulit pisang merupakan antioksidan alami sehingga dapat menghaluskan kulit serta mengobati kutil dan peradangan. Kulit pisang juga dapat menghambat keriput karena mengandung nutrisi seperti vitamin B dan C, lemak, protein, potasium, kalsium dan karbohidrat. Kandungan antioksidan dan potasium juga dapat meringankan rasa nyeri akibat munculnya jerawat.

 

Baca Juga: