RajaKomen

Lebih Jauh Mengenal Tentang Adiksi dan Cara Mengatasinya - Investor.id

9 Nov 2022  |  79x | Ditulis oleh : Admin
Investor

Obat-obatan terlarang seperti narkoba memang membawa pengaruh buruk pada perilaku dan juga kesehatan para penggunanya. Bahkan akan sangat berdampak negatif pada lingkungan disekitar pengguna narkoba atau yang sering disebut sebagai pecandu. Perubahan perilaku memang sangat terlihat jelas pada sebagian besar pengguna narkoba, dan tubuh mereka pun tidak akan normal seperti sebelum menjadi pecandu narkoba. Karena biasanya narkoba bukan hanya akan merusak mental tapi juga tubuh para penggunanya.

Salah satu yang paling berbahaya adalah ketika narkoba sudah mempengaruhi jaringan otak dan akan menyebabkan penyakit otak kronis. Penyakit mengerikan yang ditimbulkan dan menyerang otak manusia ini sering disebut juga sebagai Adiksi atau perubahan perilaku karena otak sudah tidak bisa lagi berfungsi dengan normal akibat penyalahgunaan narkoba yang digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi masalah Adiksi, ada baiknya kita mengetahui apa pengertian Adiksi sebenarnya. Adiksi memang erat kaitannya dengan masalah kecanduan, salah satunya adalah kecanduan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Adiksi atau yang biasa disebut dengan kecanduan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh penggunaan suatu zat secara terus-menerus walaupun penggunanya telah menyadari bahwa kebiasaan tersebut telah menimbulkan masalah seperti kesulitan mengontrol penggunaan, menimbulkan masalah kesehatan dan konsekuensi sosial yang negatif.

Kecanduan terhadap sesuatu termasuk narkoba memang sulit untuk dihilangkan, butuh proses panjang untuk menyadarkan mereka pengguna narkoba yang sudah kecanduan. Karena kecanduan narkoba termasuk salah satu penyakit, maka tugas kita adalah menyembuhkan mereka dengan merehabilitasi mereka yang kecanduan di tempat rehabilitasi terbaik untuk proses penyembuhan yang cepat.

Berikut ini ada beberapa tahap penanganan terhadap pasien Adiksi atau yang sudah kecanduan terhadap narkoba:

Terapi Individual

Konselor adiksi akan membantu mengarahkan perubahan pada pikiran dan perilaku terkait penyalahgunaan zat dan meningkatkan motivasi para pengguna narkoba untuk melakukan perubahan sebelum semua terlambat.

Grup Terapi

Anggota terapi terdiri dari beberapa penyalahguna yang sedang dalam proses pemulihan agar dapat saling mendorong dan mendukung satu sama lain dalam membuat perubahan hidup yang berarti, dan salah satu anggota grup terapi juga sudah ada konselor untuk memantau perkembangannya.

Support Group

Tergabung  dalam kelompok sebaya atau seumuran yang juga sedang dalam proses pemulihan dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang positif.

Pengobatan Medis

Hanya digunakan pada kasus tertentu untuk manajemen gejala putus zat. Pengobatan akan paling efektif jika dibarengi dengan terapi.

Itulah beberapa tahap penyembuhan pada pasien yang kecanduan narkoba atau terkena Adiksi yang bisa anda terapkan atau yang sudah banyak diterapkan di tempat-tempat rehabilitasi narkoba. Menurut Investor salah satu media informasi yang ada saat ini, pengguna narkoba yang sudah kecanduan memang sebaiknya segera dilakukan rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka, yang menjadi salah satu tempat rehabilitasi narkoba dengan tim dan tenaga medis profesional yang ada saat ini.

Investor juga menyebutkan bahwa pentingnya program rehabilitasi narkoba dilakukan secara lengkap dan dengan penanganan yang serius sangat berpengaruh terhadap pemulihan pasien. Layanan rehabilitasi narkoba yang akan didapatkan pasien di Ashefa Griya Pusaka di antaranya meliputi Rehabilitasi Medis dan Rehabilitasi Sosial yang akan dilakukan oleh tenaga profesional yang telah bersertifikat.

Baca Juga: